Search Blog

Translate

SPONSOR

Saturday, November 26, 2016

APA ITU KESEHATAN MASYARAKAT ???

By : Andi Agus Mumang, S.KM
KESEHATAN MASYARAKAT menurut Winslow adalah ilmu dan seni mencegah penyakit, memperpanjang hidup, meningkatkan kesehatan fisik dan mental, dan efisiensi melalui usaha masyarakat yang terorganisir untuk meningkatkan sanitasi lingkungan, kontrol infeksi di masyarakat, pendidikan individu tentang kebersihan perorangan, pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan, untuk diagnosa dini, pencegahan penyakit dan pengembangan aspek sosial, yang akan mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya. (Leavel and Clark, 1958).
Penjelasan : 
Kesehatan Masyarakat bukan hanya berbicara persoalan ilmu saja (teori) namun juga berbicara terkait seni (strategi aplikasi yang modifikatif, inovatif dan kreatif) dalam upaya kesehatan. Disebutkan dalam definisi diatas upaya kesehatan berupa:
  • Pencegahan penyakit. Dalam ilmu kesehatan masyarakat hal yang paling diprioritaskan dalam upaya kesehatan adalah disease prevention atau pencegahan penyakit. Strategi pencegahan penyakit dalam lingkup kesehatan masyarakat adalah strategi pencegahan berbasis komunitas dengan senantiasa memperhatikan elemen-elemen yang menyusun komunitas tersebut (individu, keluarga, dll)
  • Usaha memperpanjang hidup. Kesehatan masyarakat dalam penerapannya mengupayakan adanya upaya kesehatan yang komperehensif dan terorganisir dalam rangka menambah "nilai kehidupan" baik dari sisi kuantitas maupun kualitasnya. 
  • Usaha meningkatkan kesehatan fisik dan mental. Kesehatan masyarakat mengatur strategi peningkatan kesehatan baik fisik maupun mental melalui pelayanan kesehatan yang berkualitas 
  • Efisiensi kesehatan. Kesehatan masyarakat juga mengatur strategi kesehatan yang efisien dalam artian mengupayakan tindakan kesehatan dengan memaksimalkan seluruh potensi sumber daya kesehatan secara ekonomis untuk memperoleh pencapaian memuaskan.
Hal ini dilakukan melalui upaya pengorganisasian masyarakat (melibatkan peran serta masyarakat dalam upaya kesehatan) dengan tujuan meningkatkan segala variabel yang berpengaruh terhadap pencapaian derajat kesehatan diantaranya :
  • Sanitasi lingkungan merupakan upaya penyehatan lingkungan sebagai faktor penting yang berperan dalam rantai kesehatan masyarakat
  • Kontrol infeksi di masyarakat merupakan upaya menekan laju prevalensi kasus infeksi yang terjadi pada masyarakat.
  • Pendidikan kesehatan individu merupakan bentuk proteksi kesehatan kepada setiap individu sebagai bagian terkecil dalam sebuah komunitas melalui upaya pendidikan kesehatan.
  • pengorganisasian pelayanan medis dan perawatan dilakukan dengan tujuan diagnosa dini dan pencegahan terhadap penyakit
  • Pengembangan atau pemberdayaan aspek sosial merupakan upaya pengembangan kesehatan ditinjau dari aspek sosial yang ditujukan kepada komunitas masyarakat sebagai sasaran dalam rangka pemberdayaan kesehatan masayarakat. 
Tujuan dari adanya upaya kesehatan masyarakat adalah untuk mendukung agar setiap orang di masyarakat mempunyai standar kehidupan yang kuat untuk menjaga kesehatannya. Selanjutnya, kesehatan masyarakat juga memiliki ruang lingkup yang tersusun atas beberapa cakupan ilmu yang multidisipliner.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts