Search Blog

Translate

SPONSOR

Sunday, November 27, 2016

FAKTOR PEMANFAATAN "PELAYANAN KESEHATAN"



by : Andi Agus Mumang
Dalam pemanfaatan pelayanan kesehatan, ada beberapa faktor yang menjadi sebab seseorang dalam mengambil keputusan terhadap pemanfaatan layanan kesehatan. Adapun faktor-faktor tersebut adalah sebagai berikut :


  1. Faktor Enabling adalah faktor yang menggambarkan kondisi seseorang yang membuatnya mampu untuk melakukan tindakan dalam memenuhi kebutuhannya akan pelayanan kesehatan. Terdiri dari sumber daya keluarga meliputi penghasilan, keikutsertaan asuransi dan kemampuan membeli jasa pelayanan. Selanjutnya, sumber daya masyarakat meliputi faskes, pelaksana kesehatan, SDM kesehatan, ketersediaan obat, dll
  2. Faktor Predisposition adalah faktor yang menggambarkan keadaan seseorang sebelum orang tersebut mengalami sakit. faktor ini dibagi menjadi 2, yaitu faktor yang bisa diubah (mutable) seperti gaya hidup, pendidikan, status sosial-ekonomi, pengetahuan, budaya, dll. Faktor yang tidak bisa diubah (immutable) : sex, usia, dll.
  3. Faktor Need adalah faktor yang mempengaruhi kebutuhan seseorang untuk memanfaatkan pelayanan kesehatan. Faktor ini dibagi berdasarkan kesakitan dan kebutuhan. Berdasarkan kesakitan, kebutuhan dibagi dua yakni perceived need ( keadaan kesehatan yang dirasakan oleh individu) dan evaluated need (penilaian dokter terhadap kesehatan seseorang). Selanjutnya, berdasarkan kebutuhan dibagi menjadi 4 kategori yakni undetectable need (kebutuhan yang tidak terdeteksi, dimana keadaan sakit telah ada namun belum dapat dideteksi oleh teknologi kesehatan), detectable need (kebalikan dari undetectable need), felt need (kebutuhan yang dirasakan, saat seseorang telah menderita sakit), dan absolute need (kebutuhan diawal saat penyakit belum terdeteksi dan kebutuhan yang pasca penyakit terdeteksi).

No comments:

Post a Comment

Popular Posts