Search Blog

Translate

SPONSOR

Wednesday, November 30, 2016

DEFINISI EPIDEMIOLOGI

By : Andi Agus Mumang, S.KM

Epidemiologi merupakan salah cabang ilmu yang dipelajari dalam bidang kesehatan terkhusus bidang ilmu kesehatan masyarakat. Teori tentang definisi epidemiologi banyak di kemukakan oleh para ahli, diantaranya :

  1. Last (1995) menyatakan epidemiologi sebagai ilmu yang mempelajari penyebaran dan faktor determinan kejadian pada status kesehatan suatu kelompok masyarakat atau komunitas.
  2. Browson, Remington, dan Davis (1993) memberikan batasan bahwa epidemiologi itu merupakan alat dan cara yang digunakan untuk menjelaskan beberapa jenis penyakit atau kejadian kesehatan.
  3. MacMahon dan Pugh (1970) mendefinisikan bahwa epidemiologi sebagai sebuah studi tentang ditribusi dan determinan kejadian penyakit pada orang.
  4. Fletcher RH et al (1988) dalam bukunya "clinical epidemiology : the essentials" menjelaskan pengertian epidemiologi sebagai sebuah disiplin ilmu penelitian yang berfokus pada distribusi dan determinan suatu penyakit pada populasi.
  5. Friedman, 1994 membatasi epidemiologi sebagai sebuah studi yang mempelajari kejadian atau peristiwa penyakit pada kelompok manusia.
  6. Lilienfeld, AM (1980) dalam bukunya yang berjudul "foundation of epidemiology" menjelaskan bahwa epidemiologi sangat konsen pada gambaran pola penyebaran penyakit terhadap masyarakat dan berbagai faktor yang mempengaruhinya, sehingga para Ahli epidemiologi sangat interes dengan penyebaran kejadian itu menurut waktu, tempat dan orang.
Berdasarkan keseluruhan pendapat ahli diatas terkait definisi Epidemiologi, maka secara garis besar Epidemiologi dapat diartikan sebagai sebuah studi kesehatan yang berfokus pada distribusi dan determinan sebuah penyakit yang terjadi pada sekelompok populasi/komunitas berdasarkan waktu, tempat, dan orang. adapun dari definisi tersebut memberi batasan bahwasanya epidemiologi :
  1. Secara ilmiah berhubungan dengan fenomena penyakit
  2. Ada hubungan antara faktor dengan penyakit atau outcome dalam suatu populasi
  3. Distribusi dan determinan penyebaran penyakit pada masyarakat
  4. Suatu ilmu dan seni yang berhubungan dengan kejadian penyakit
  5. Epidemiologi bersangkutan dengan permasalahan lingkungan

Referensi : 
  • Hadisaputro S, Nizar M, Suwando A. 2011.  Epidemiologi Manajerial, Teori dan Aplikasi. Semarang: BP Univesitas Diponegoro Semarang. 

Baca selanjutnya :

No comments:

Post a Comment

Popular Posts