Search Blog

Translate

SPONSOR

Monday, December 12, 2016

AL-QUR’AN DAN TAJWID : PENGANTAR 2


By: Andi Agus Mumang, S.KM

FUNGSI. KEDUDUKAN DAN KEUTAMAAN AL QUR’AN

Al-Qur’an dengan kemuliannya, diturunkan dengan berbagai fungsi dan keutamaan yang menjadikan ia memiliki kedudukan yang agung dalam islam. Berikut akan disebutkan mengenai fungsi, kedudukan dan keutamaan Al-Qur’an.

Fungsi Al-Qur’an

Diantara fungsi diturunkannya Al-Qur’an adalah sebagai berikut :
  • Al-Qur’an berfungsi sebagai nasihat
  • Al-Qur’an berfungsi sebagai obat
  • Al-Qur’an berfungsi sebagai petunjuk
  • Al-Qur’an berfungsi sebagai rahmat
  • Al-Qur’an berfungsi sebagai jalan keselamatan
  • Al-Qur’an berfungsi sebagai pembeda

Hal ini sebagaimana yang Allah telah sebutkan sendiri didalam firmannya :

Wahai manusia! Sungguh telah datang kepadamiu pelajaran (Al-Qur’an) dari Rabb-mu, penyembuh bagi penyakit yang ada dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang beriman. Katakanlah (Muhammad) : ‘Dengan karunia Allah dan rahmat-Nya, hendaklah dengan itu mereka bergembira. Itu lebih baik daripada apa yang mereka kumpulkan’ ” (QS Yunus :57-58)

Dan juga firman Allah yang lainnya :

…Sungguh, telah datang kepadamu cahaya dari Allah, dan Kitab yang menjelaskan. Dengan kitab itulah Allah memberi petunjuk kepada orang yang mengikuti keridhoan-Nya kejalan keselamatan, dan (dengan Kitab itu pula) Allah mengeluarkan orang itu dari gelap gulita kepada cahaya dengan izin-Nya, dan menunjukkan ke jalan yang lurus” (QS Al Maidah : 15-16)

Kedudukan dan Keutamaan Al Qur’an

Berikut ini adalah kedudukan dan keutamaan Al-Qur’an :

  • Al-Qur’an merupakan kitab yang mulia yang tidak berisi kebatilan didalamnya. Dalilnya firman Allah dalam surah Fushshilat : 41-42 :“… dan sesungguhnya (Al-Qur’an) itu adalah kitab yang mulia, (yang) tidak ada kebatilan dari depan maupun dari belakang (pada masa lalu mauoun masa yang akan datang) yang diturunkan dari Rabb yang Mahabijaksana, Maha Terpuji 
  • Al-Qur’an adalah Kalamullah yang tidak tertandingi oleh sesuatu apapun. Allah berfirman :“…Siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah ?” (QS. An-Nisa : 87)
  • Al-Qur’an adalah kitab yang terpelihara dan terjaga. Sebagaimana firman Allah dalam surah Al: Hijr  ayat 9 :“Sesungguhnya Kamilah yang menurunkan Al-Qur’an dan pasti Kami (pula) yang akan menjaganya

No comments:

Post a Comment

Popular Posts