Search Blog

Translate

SPONSOR

Sunday, November 27, 2016

MOTIVASI 01.30 pm : "KEBAIKAN ITU INDAH"

By : ANDI AGUS MUMANG, S.KM
Kebaikan bukanlah hal yang mudah namun istimewa. Setiap orang punya potensi untuk melakukan kebaikan. Namun, seberapa besar potensi kebaikan itu bergantung pada seberapa besar keyakinan seseorang terhadap hal tersebut. Bukan hal yang mudah, tidak berarti sulit, Jika setiap orang pada dasarnya telah dianugerahi kebaikan pada diri mereka, tentulah mewujudkannya tidak akan menjadi terlalu sulit. Apalagi ketika hal tersebut adalah suatu hal yang potensial pada diri seseorang. Istimewa, karena kebaikan adalah realisasi seseorang akan kesucian dan ketulusan jiwanya. Kebaikan menjadi cermin dari gerak dan sikapnya. Sehingga menjadikan pemiliknya tercipta sebagai maha karya yang istimewa.

Kebaikan akan mendatangkan keuntungan dan apresiasi. Keuntungan tersebut berupa kepercayaan dari semua orang yang merasakan kebaikan yang dilakukan. Selain itu, juga berupa kebaikan yang berbalas kepada pelaku kebaikan oleh si penerima kebaikan (hubungan timbal-balik/simbiosi mutualisme). Apresiasi adalah wujud penghargaan yang akan tertanam dalam sanubari setiap orang yang merasakan kebaikan kita dan akan membekas dalam memori mereka selamanya. Begitupun dengan penghargaan yang secara nyata akan diperoleh berupa penghormatan dan peng-agungan kepada pelaku kebaikan.

Kebaikan bukanlah sesuatu yang terpaksa namun terkadang harus dipaksakan. Ketika melakukan kebaikan maka lakukanlah dengan keikhlasan dan dorongan yang tulus dari dalam hati. Bukan akibat terpaksa. Sebab akan sulit menjadi sebuah kebaikan jika hal tersebut terpaksa dilakukan. Bahkan terkadang hanya akan menjadi motif berbalas dan imingan nafsu belaka sehingga sulit merasakan kekuatan kebaikan tersebut. Namun, disatu sisi kebaikan itu harus dipaksakan. Ketika merasa menjadi baik itu adalah sulit, maka paksakanlah diawal-awal memulainya. Karena, terkadang dari situlah pelajaran dan pengalaman akan sangat berperan mengantarkan kebaikan itu pada derajat ketulusan...

Sekali lagi, mari memotivasi diri untuk senantiasa melakukan kebaikan. Karena kebaikan itu indah.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts