Search Blog

Translate

SPONSOR

Wednesday, November 30, 2016

DIANTARA IKHTIAR, SEBAB HIDAYAH DATANG

By : Andi Agus Mumang, S.KM

Diantara sebab hidayah datang menghampiri seorang hamba adalah karena rahmat dan taufik dari Allah subhanahu wa ta'ala yang tentunya melalui ikhtiar (usaha) dari seorang hamba yang menginginkan petunjuk (hidayah) tersebut. Diantara ikhtiar (usaha) yang menjadi sebab hidayah datang kepada seorang hamba adalah sebagai berikut :
  1. Bersandar kepada Allah dalam segala usahanya melakukan perintah Allah dan meninggalkan larangan-Nya. Artinya, dalam segala sesuatu yang diikhtiarkan oleh seorang hamba baik sesuatu itu dilakukan atau ditinggalkan semuanya disandarkan kepada Allah dan tidak menggantungkannya pada dirinya sendiri. Hal ini sebagaimana yang dikabarkan oleh Rasulullah dalam hadistnya yang berbunyi:"(Ya Allah), jadikanlah baik semua urusanku dan janganlah Engkau membiarkan diriku bersandar kepada diriku sendiri (meskipun cuma) sekejap mata" (HR An-Nasa'i (6/147) dan Al Hakim (No.2000), Imam Al-Hakim menshohihkannya)
  2. Berpegang teguh pada Agama Allah subhanahu wa ta'ala. Sebagaimana yang Allah firmankan dalam QS Thaahaa:123 : "Maka jika datang kepadamu (wahai manusia) petunjuk daripada-Ku, lalu barangsiapa yang mengikuti petunjuk-Ku, maka dia tidak akan tersesat dan akan sengsara (dalam hidupnya)". Ayat ini ingin menjelaskan kepada kita bahwasanya barangsiapa mengikuti petunjuk Allah subhanahu wa ta'ala dengan senantiasa betakwa kepada-Nya, maka ia akan memperoleh petunjuk dari Allah dan dihindarkan baginya kesesatan dan kehidupan-Nya di dunia terlebih di akhirat akan terhindar dari kesengsaraan.
  3. Meneladani Rasullah shallallahu 'alaihi wa sallam. Rasulullah adalah nabi yang diutus oleh Allah azza wa jalla dengan teladan yang sempurna untuk diikuti. Dirinya datang membawa petunjuk dari Allah azza wa jalla  melalui Al-Qur'an dan Sunnah yang diturunkan kepadanya. Maka tentulah, dengan meneladani dan mengikuti beliau adalah sebab diantara datangnya hidayah Allah. Allah berfirman : "Dialah (Allah) yang mengutus Rasul-Nya membawa petunjuk dan agama yang benar agar dimenangkan-Nya terhadap semua agama dan cukuplah Allah sebagai saksi" (QS Al Fath: 28)
  4. Tadabbur Al-Qur'an. Allah berfirman:"Sesungguhnya Al-Qur'an ini memberikan petunjuk kepada (jalan) yang paling lurus dan memberi kabar gembira kepada orang-orang mu'min yang mengerjakan amal sholeh bahwa bagi mereka ada pahala yang besar" (QS Al-Isra': 9). Imam Ibnu Katsir mengomentari ayat ini bahwasanya Allah ta'ala memuji kitab-Nya yang mulia yang diturunkan-Nya kepada Rasul-Nya, yaitu Al-Qur'an bahwa kitab ini memberikan petunjuk kepada jalan yang paling lurus dan jelas (Kitab "Tafsir Ibnu Katsir : 3/39). Maksudnya adalah tidak ada petunjuk paling lurus dan jelas melainkan Al-Qur'an. Beriman kepadanya dan senantiasa mentadabburi dan mengamalkannya, maka hal tersebut diantara sebab yang akan mengantarkan seorang hamba mendapatkan kebaikan yang sempurna dan petunjuk yang lurus dalam setiap keadaannya.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts