Search Blog

Translate

SPONSOR

Thursday, November 24, 2016

TIPS AGAR HIDUP TETAP SEHAT

By : Andi Agus Mumang, S. KM

Ada banyak cara yang dapat anda lakukan untuk menjaga agar hidup anda tetap sehat. Berikut saya akan membagi tips sederhananya kepada anda.
Sehat tidak harus selalu mahal dan berkelas. Sehat itu sederhana. Ketika manusia memperbaiki dirinya dengan baik dan teratur dan senantiasa memperhatikan perilakunya maka menjadi sehat akan sangat mudah. Perilaku adalah bagian dari kesehatan yang memiliki peran yang sangat penting. Orang yang sehat adalah orang yang memperhatikan perilakunya. Terutama perilaku sehat.

Tips Hidup sehat dengan perilaku bisa dilakukan dengan cara berikut :

  1. Makanlah makanan yang sehat dan bergizi. Sederhananya, makanan yang memiliki kandungan energi dan gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Konsumsi makro nutrient seperti karbohidrat, protein dan lemak harus seimbang dan terkontrol. Usahakan sesuai dengan kebutuhan energy harian anda. Terkait berapa kebuhan energy harian anda, hal ini perlu untuk terlebih dahulu dikonsultasikan dengan konsultan gizi/ tenaga kesehatan yang mumpuni terkait hal tersebut.
  2. Minum air rutin setiap hari kurang lebih 2 liter (setara 8 gelas) merupakan salah satu perilaku hidup sehat. Air sangat banyak berperan dalam membantu proses metobolisme tubuh. Selain itu, tubuh akan sangat bergantung pada air. Maka, jangan sampai anda mengalami dehidrasi. Prodiktivitas dan ketahanan tubuh akan berkurang saat orang mengalami dehidrasi. Detoksifikasi racun dalam tubuh juga sangat membutuhkan peran air.
  3. Latihan yang rutin (Olahraga). Olahraga yang baik dan menyehatkan haruslah memenuhi format  “FIT” (frekuensi, Intensitas, Tempo). Frekuensi yang baik seseorang untuk berolahraga adalah 3 kali dalam sepekan (menurut banyak penelitian), intesitas olahraga atau dikenal dengan berat beban latihan haruslah berkisar 70-85% dari denyut jantung maksimal. Tempo olahraga yang baik berkisar 20-30 menit.
  4. Mengurangi perilaku yang memicu stress. Stress ditengah modernitas dunia adalah sebuah kewajaran terutama jika hal ini dikaitkan dengan kerasnya tuntutan dan beratnya beban kehidupan. Namun, tidak menjadi alasan pembenaran bahwa perilaku stress menjadi hal yang disepelekan. Manajemen stress merupakan salah satu cara menangani perilaku stress. Suasana kondusif dengan lingkungan yang sehat, suasana hati yang senantiasa dipenuhi kebahagiaan (psikologi jiwa) akan sangat menunjang kita untuk bisa mengendalikan stess. Bagi muslim, saat anda stress ibadah (sholat, tadarrus al-qur’an, dzikir) adalah solusi yang tidak kalah ampuhnya untuk mengurangi stress. 

No comments:

Post a Comment

Popular Posts