Search Blog

Translate

SPONSOR

Thursday, November 24, 2016

SIAPA IMAM BUKHARI ?



by: Andi Agus Mumang, S.KM

BELIAU bernama Imam Bukhari rahimahullah dengan kun’yah sebagai Abu Abdillah. Beliau lahir pada tahun 1904 M tepatnya dibulan syawal. Beliau adalah seorang yang sangat ahli dalam bidang ilmu hadist. Tidak hanya itu, beliau juga memiliki keahlian dibidang ilmu lainnya seperti ilmu fiqh. Beliau dikenal juga dengan julukan sebagai Al Hafidz. Beliau diusia mudahnya telah menggeluti dan mendalami ilmu hadist dengan banyak melakukan pengembaraan (rihlah) untuk mengumpulkan dan meneliti hadist-hadist Rasulullah shallahu alaihi wa sallam. Beliau melakukannya selama 16 tahun diusia hidupnya. Jumlah hadist yang berhasil dikumpulnya ada sebanyak 600.000 hadist. Beliau memiliki banyak murid yang juga terkenal dikemudian hari sebagai ahli hadist diantaranya adalah Imam Muslim, Imam At-Tirmidzi, dan Imam Abu Khuzaimah. Kitab beliau yang paling terkenal yang pernah beliau tulis adalah kitab “Shohih Bukhari” dengan nama asli kitabnya adalah “Al Jami Al Musnad As Shohih Al Mukhtasar min umuri Rasulillah shallalahu alaihi wa sallam wa sunani wa ayyami”.
Kitab “Shohih Bukhari” merupakan kitab yang banyak ulama menjulukinya sebagai kitab yang paling shohih (benar) diurutan ke-2 setelah Al-Qur’an. Beliau rahimahullah memiliki motivasi menulis kitab ini dengan 3 alasan sebagai berikut:

  1. Banyaknya ulama kitab hadist dimasa itu dan sebelum beliau ditemukan terdapat banyak muatan hadist yang dhoif didalamnya
  2. Motivasi dari guru beliau yang bernama Ishak bin Rahoyah
  3. Mimpi beliau bertemu dengan Rasulullah shallalahu alaihi wa sallam

Rahasia dalam kitab shohih beliau ini, berkata imam Al Hafidz ibnu Hajar bahwasanya beliau (Imam Bukhari) tidak sekedar menulis hadist saja namun juga menuliskan Al fawaid (kaidah-kaidah hokum) dan juga beliau melakukan Istinbad (menyimpulkan) terhadap hadist-hadist yang ditulisnya. Imam bukhari terkadang memotong-motong hadist dengan alas an karena dalam sebuah hadist terkadang banyak hokum yang perlu untuk dijabarkan secara terpisah.

Dalam penulisan kitab shohih beliau para ulama melakukan penilaian terhadap apa yang menjadi “syarat” dalam penulisan kitab beliau. Ternyata, imam bukhari dalam kitab shohihnya menulis hadist hanya berasal dari perawi yang ditsiqohi saja (tidak terdapat perselisihan diantara perawinya). Inilah yang menjadikan standarisasi penulisan hadist oleh beliau adalah yang paling unggul dibandingkan dengan ulama hadist lainnya.

Perhatian para ulama terhadap kitab “Shohih Bukhari” sangatlah besar. Banyak diantara para ulama kita yang melakukan penelitian dan pengkajian terhadap kitab tersebut. Terdapat ulama yang meringkas kitab beliau bahkan sampai dengan mensyarah kitab beliau rahimahullah. Contoh yang terkenal kitab syarah “Shohih Bukhari” adalah Fatur Baari karya Imam Ibnu Hajar Al Atsqalani rahimahullah.


Imam bukhari wafat pada tahun 256 H dibulan Syawal diusianya yang ke-62 tahun. Rahimahullah.

No comments:

Post a Comment

Popular Posts